Mulai Hari Ini BLT Minyak Goreng Cair, Disalurkan Melalui Pos

Kota Bima, tujuhdetik.com.- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng untuk warga miskin, kurang mampu dan penjual gorengan di Kota Bima kini sudah cair. 


Pencairan BLT minyak goreng mulai hari ini, Senin 11 April hingga 28 April 2022 mendatang. 


"Seharusnya BLT mulai disalurkan 8 April, karena surat terlambat diterima, sehingga dimulai Senin 11 April 2022," ungkap PLT Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Drs H Abdul Gawis. 


Untuk penyalurannya kata Gawis, dilakukan melalui kantor Pos yang ada di Kota Bima. Hal ini sesuai surat yang disampaikan PT Pos Cabang Bima ke Wali Kota Bima. 


"Surat PT Pos ke Wali Kota Bima terkait penyaluran BLT minyak goreng dan BPNT periode Mei 2022," jelasnya. 


Terkait hal ini sambung Gawis, Wali Kota Bima telah memerintahkan Dinas Sosial untuk melakukan pengawasan terhadap penyalurannya. 


"Kita di Dinas Sosial akan mengawasi penyalurannya hingga selesai," tuturnya. 


Diakuinya, untuk BLT minyak goreng dialokasi untuk periode April hingga Juni dan dibayarkan sekaligus sebesar Rp300 ribu. 


"Sedangkan BPNT sebesar Rp200 ribu dan dibayarkan sekaligus untuk April hingga Mei sehingga dibayarkan Rp600 ribu," jelasnya. 


Pembayaran oleh Pos, kata dia, dilakukan dengan tiga cara, melalui loket Pos dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Atau menentukan titik tertentu dengan jumlah terbatas yang ditentukan oleh camat atau lurah. Serta pengantaran langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


“Kepada KPM diinstruksikan untuk membawa KTP dan menaati protokol kesehatan, bagi yang tidak menaatinya, tidak akan dilayani oleh petugas,” ujarnya. 


Untuk itu, KPM diminta dukungan dan kerjasama agar proses penyaluran BLT Minyak Goreng dan BPNT berjalan lancar.


Penerima bantuan sosial ini sebanyak 12.782 KPM, menyasar lima kecamatan, yakni  Asakota dengan 3.523 KPM,  Mpunda  1.903 KPM,  Raba 3.430 KPM, Rasanae Barat  1.633 KPM.  Rasanae Timur 2.293 KPM. 

Posting Komentar

0 Komentar