Pemerintah Kota Bima Gelar Simulasi Festival Haflah dan Istighosah


Kota Bima, tujuhdetik.com
- Pemerintah Kota Bima dalam menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah/2023 M akan menggelar festival Haflah dan Istighosah yang baru pertama kali dilakukan di Kota Bima. Pada festival haflah dan istighosah tersebut akan menghadirkan Ketua Umum PBNU dan qori-qoriah Internasional maupun qori-qoriah senior di Bima-Dompu.


Simulasi yang dilakukan bertujuan untuk mengukur jumlah waktu yang akan digunakan pada acara Festival Haflah Alqur'an dan Istighosah, meliputi penyambutan, Istighosah, do'a bersama, haflah alqur'an serta undian doorprize 5 paket umroh bagi pengunjung.


Guna memastikan kegiatan tersebut berjalan maksimal, Wali Kota Bima dalam hal ini melalui PLH Sekda Kota Bima Drs. H. Muhammad Fakhrunraji, ME membuka acara simulasi kegiatan Festival Haflah Alqur'an dan Istighosah, dilaksanakan di Masjid H. M. Nor Alatif Kantor Wali Kota. Senin, 3 Juli 2023.


Pada acara simulasi tersebut, dihadiri oleh Asisten I Setda Kota Bima, Staf Ahli Wali Kota, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat, Lurah, Ketua MUI Kota Bima, Ketua Baznas Kota Bima, Ketua IPQO Kota Bima, Ketua IPQI Kota Bima, Ikatan Pondok Pesantren, PBNU Kota Bima serta para qori-qoriah.


Dalam arahannya, PLH Sekda Drs. H. Muhammad Fakhrunraji, ME mengatakan, simulasi yang dilakukan ini sangat penting dengan tujuan untuk mengukur waktu yang akan dilalui pada acara inti nantinya.


"Kalau dilihat waktu tersisa tinggal 13 hari, hari H nya tanggal 18 Juli 2023, utamakan bahas apa saja rangkaian acara yang akan dilalui nantinya, kemudian setelah ini rampung, kita gelar gladi," ujarnya.


H. Fakhrunraji menambahkan, demi memaksimalkan festival haflah dan istighosah nanti, agar mulai dari sekarang untuk menyiapkan naskah istighosah, termasuk nama qori-qoriah dari Bima-Dompu selain qori-qoriah internasional yang akan mengisi haflah Alqur'an nantinya. Tutupnya.


Pada acara Haflah Alqur'an, akan diisi oleh 30 orang qori-qoriah dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Qori senior dari Kota Bima diantaranya ustadz H. Ahmad, S.Ag, Ustadz H. Nurdin Mansyur, S.Sos, MM, Ustadz H. Syafrudin S.HI, Ustadz Budiman Hasan, Ustadz Ajkar Fuad H. Ramli, Ustadz H. Sidiq, SH., MH.


Sementara Qori senior dari Kabupaten Bima yakni Ustadz Ahmad Suherman dan Ustadz Syahrir (guru dari Qori Internasional Ustadz Syamsuri Firdaus). Kemudian qori senior dari Kabupaten Dompu yakni ustadz H. Usman. Selain itu, ditambah dengan qori/qoriah Kota Bima hingga memenuhi kuota 30 orang selain 2 qori-qoriah internasional.


Kemudian pada acara Istighosah akan dipandu langsung oleh Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf yang akan mengisi uraian hikmah Tahun Baru Islam dan dilanjutkan dengan do'a. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar