Rencana Kerja Desa Belo, Targetkan Desa Menjadi Terang

Foto: Kades Belo Akhmad Fansuri

Kabupaten Bima, tujuhdetik.com
- Rencana Kerja ( Renja ) Pemerintahan Desa Belo Kecamatan Palibelo di Tahun 2023 menargetkan jadikan Desa Belo sebagai Desa Terang . Target ini tentunya sangatlah beralasan karena Pemerintah Desa Belo dibawah kepimpinan Akhmad Fansuri telah berhasil membangun inovasi seperti layanan publik khususnya adminduk yang langsung cetak di kantor Desa dan layanan ini diberi nama PLANiT-D. Disamping layanan adminduk juga layanan administrasi surat menyurat bagi masyarakat bisa dilakukan dengan cepat cukup waktu 4 menit sesuai SOP layanan. 


Begitu pula dengan program Desa Belo menjadi Desa Pioner di Kabupaten Bima sebagai Desa Ramah Perempuam dan Peduli Anak. Dalam mendukung DRPPA maka Pemdes Belo telah membentuk Forum Anak Desa dan Kelompok Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Kedua lembaga ini dimaksudkan dalam melibatkan peran anak dan perempuan dalam partisipatif pembangunan di Desa dan memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak dan perempuan. 


Tahun 2023 Kades Belo Kecamatan Palibelo Akhmad Fansuri targetkan jadikan Desa Belo menjadi Desa Terang. 


*Kita targetkan tahun 2023 ini Desa Belo menjadi Desa Terang. Maksudnya kami menata Desa Belo agar mempunyai fasilitas penerangan yang baik untuk Jalan dan gang desa, disamping itu kita ingin bangun sistim keterbukaan informasi di Dess melalui PPID agar semua informasi bisa dipublikasikan dan dikonsumsi oleh masyarakat luas" ungkap Akhmad Fansuri Kades Belo. 


Target-target capaian ini senada dengan visi dan misi Kades Belo yang mempunysi motto Su'u Sawa'u Sia Sawale Ru'u Dana Ro Rasa. 


"Mudah-mudahan tidak ada halangan sehingga Tahun 2023 ini menjadi Desa Terang untuk NTB Gemilang" tambah Akhmad Fansuri. 


Untuk mendukung keterbukaan informasi di Desa Belo di bangun suatu lembaga Pejabat Pengelola Informasi dan Dokentasi (PPID) Desa yang bertugas merencanakan, mengelola, mendokumentasikan, publikasi serta aduan tentang informasi publik di Desa. Keadaan ini telah membawa kepercayaan kepada Desa Belo menjadi salah satu dari 10 Desa yang mewakili Kabupaten Bima dalam Gebyar dan Lomba PPID yang digelar dan dievaluasi oleh Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat pada pertengahan Tahun ini. 


Camat Palibelo Kumara Jaya, S. STP. M. Si sangat mendukung dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dalam wilayah Kecamatan Palibelo 


"Saya apresiasi dan mendorong Kades-kades di Palibelo untuk terus berinovasi termasuk menjadikan desanya sebagai desa terang baik itu terang lingkungannya maupun terang informasi publiknya" ungkap Kumara Jaya. 


" Mudahan Desa Belo, Desa Panda dan Desa Teke mendapatkan predikat terbaik pada ajang Gebyar PPID yang digelar oleh Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat nanti " tambahnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar