Walikota Bima Ikuti Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Pantai Kolo

HML Ikuti Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Pantai Kolo



Kota Bima,tujuhdetik.com
- Mengawali kegiatannya di akhir pekan Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bersama dengan Anggota Komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafruddin, ST. MM, Kementrian Perikanan dan Kelautan RI, Sekretaris Daerah dan Pejabat Daerah terkait mengikuti kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut yang berlangsung di Pantai Kolo Kota Bima pada Sabtu pagi, 5 Maret 2022. 


Dengan mengangkat tema "Pesisir Sehat, Ikan Berlimpah, Masyarakat Pesisir Sejahtera" gerakan yang di prakarsai oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bertepatan dengan Bulan Cinta Laut secara serentak di seluruh Indonesia tersebut menghadirkan ratusan peserta yang berasal dari berbagai lembaga, yang diantaranya adalah perwakilan berbagai lembaga perbankan, PT. PLN, Pelindo, hingga Komunitas Penyelam Kota Bima.


Dalam sambutannya Wali Kota Bima menyemangati peserta yang hadir agar senantiasa untuk tetap menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan khususnya terhadap kebersihan laut dan pantai. Sebab dengan menjaga lingkungan akan mendukung pada pembangunan daerah terlebih pada sektor pariwisata.


"Laut dan pantai sangat penting sebagai sumber pencaharian dan ekowisata bahari yang harus dijaga. Salah satunya Kota Bima yang mana pemikatnya adalah pantai," Terang Wali Kota Bima.


Selain itu beliau mengingatkan pula tentang pentingnya kerjasama dan peran serta segala pihak tanpa terkecuali untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan yang telah diberikan manfaatnya oleh Yang Maha Kuasa. Hal itu pula yang menjadi alasan dasar lahirnya Peraturan Daerah Pemerintah Kota Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah dan Larangan Membuang Sampah di Sungai yang juga akan berdampak secara tidak langsung kepada keberlangsungan laut dan pantai.


"Harapannya kita sama sama menjaga, sehingga ekosistem laut menjadi terjaga untuk kemajuan Kota Bima, karena wisata bahari merupakan destinasi utama daya tarik Kota Bima," Harapnya.


Selanjutnya Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Dirjen Pengelolaan Ruang Laut  Bapak Muhammad Yusuf, S.Hut, MM mengungkapkan hal yang sama, yakni tentang pentingnya menjaga lingkungan terutama ekosistem laut. Dengan memaparkan berbagai data pendukung guna meyakinkan masyarakat akan pentingnya peran laut dalam kehidupan dan pentingnya menjaga kebersihan.


"Bijaklah dalam menggunakan plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Karena plastik memang tidak bisa lepas dari keseharian kita namun kita bisa untuk mulai mengurangi dan bijak dalam  menggunakan plastik," Jelas beliau memaparkan.


Menambah kegembiraan masyarakat lewat sambutannya Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, ST MM merasa bangga akan kepedulian masyarakat lewat Gerakan Bersih Pantai tersebut. Selaku warga Bima asli beliau mengharapkan momen tersebut dapat menjadi sebuah budaya yang berkelanjutan dan positif yang dimulai dari diri sendiri.


"Mari kita bangun budaya cinta lingkungan, dan mulai dari diri sendiri. Bersama kita berikan yang terbaik bagi indonesia, bagi NTB, dan bagi Kota Bima, "Semangat beliau yang disambut tepuk tangan masyarakat dan peserta yang hadir.


Dengan demikian kegiatan pun dilanjutkan dengan antusiasme peserta untuk membersihkan pantai dan laut di sekitar Pantai Kolo. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar