Tim Verifikasi Vitigasi DGIP Kunjungi Desa Belo Dan Desa Boke


Bima, tujuhdetik.com -
Komisi Informasi NTB melalui Tim Verifikasi Vitigasi Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) mengunjungi Kabupaten Bima yang diwakili oleh Desa Belo Kecamatan Palibelo dan Desa Boke Kecamatan Sape pada hari ini Senin (14/8/2023).


Sesuai dengan jadwal Vitigasi DGIP pada Petugas Pengelola Informasi Desa (PPID) Belo dilakukan pada pukul 14.00 Wita. Tim Vitigasi DGIP NTB yang juga didampingi Diskominfotik Kabupaten Bima disambut dengan tarian tradisional dari Sanggar Lilin Desa Belo. Kegiatan Visitasi pada PPID Desa Belo dihadiri juga oleh Camat Palibelo diwakili Kasi Ekonomi, Perangkat Desa, BPD, PKK dan masyarakat Desa Belo.


Pada paparan presentasi tentang pengelolaan Informasi Publik melalui Petugas Pengelola Informasi Publik (PPID) Desa Belo oleh Akhmad Fansuri Kades Belo mengurai tentang dasar hukum, tugas dan fungsi, SOP serta Jenis Informasi Publik yang ada di Desa Belo.


"Kami dari Pemerintah Desa Belo melalui PPID berkomitmen untuk menjamin adanya keterbukaan informasi baik melalui perencanaan, penganggaran, pelaporan serta informasi-informasi lainnya sesuai peraturan perundangan yang berlaku" tandas Kades Belo Akhmad Fansuri.


Selain paparan kaitan dengan Keterbukaan Informasi, Kades Belo juga menyampaikan inovasi layanan dalam mempermudah informasi dan pelayanan yang ada di Desa Belo 


"Inovasi Planit-D merupakan terobosan layanan dari Pemerintah Desa Belo untuk mempermudah layanan administrasi umum mau pun administrasi kependudukan dengan pencetakan dokumen Adminduk seperti KK, Akta Kelahiran, Surat Pindah cukup di Desa saja dengan mendapatkan notifikasi pencetakan dari Disdukcapil" tambah Akhmad Fansuri.


Disamping inovasi itu hal lain disampaikan Kades adalah adanya bangunan aplikasi data berbasis Peta untuk mempermudah Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan pemetaan terhadap kependudukan, jaminan sosial serta kemiskinan di desa.


Tim Verikasi DGIP Komisi Informasi NTB yang diwakili Bapak Asraruddin Bidang Kelembagaan menyampaikan apresiasi terhadap Desa Belo Kecamatan Palibelo sebagai salah satu desa dari 10 desa terbaik Pengelolaan Informasi pada DGIP NTB melalui PPID Desa.


"Kami apresiasi terhadap keberhasilan Desa Belo Kecamatan Palibelo meraih 10 desa terbaik DGIP NTB dan dalam Visitasi ini akan diambil 3 Desa terbaik se-NTB untuk mewakili NTB dalam ajang Pengelolaan Informasi Publik tingkat Nasional" ungkap Asraruddin.


Kegiatan Visitasi oleh Tim Verifikasi DGIP dilanjutkan dengan melakukan Podcast diruang Podcast Desa Belo yang dipandu oleh Host Zumi sembari berharap Desa Belo masuk dalam 3 terbaik yang akan mewakili NTB dalam ajang Pengelolaan Informasi Publik pada Tingkat Nasional. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar